Thursday, June 10, 2010

Take Home Test Technopreneurship Semester 6

PROPOSAL BISNIS

Unique

 

 

 

Public.png

 

 

 

 

 


Delima Juni Hastuti

Ilmu Komunikasi  - Public Relations

07120110009

 

 


UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

2010


I.              EXECUTIVE SUMMARY

1.1 Latar Belakang

            Pengguna sepeda motor di Jakarta sekarang meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Artinya semakin banyak orang membutuhkan helmet sebagai pelengkap keamanan berkendara dengan motor. Jika pengguna sepeda motor meningkat dua kali lipat, dengan asumsi satu motor dapat dikendarai dua orang, maka pengguna helmet dijakarta akan meningkat empat kali lipat.

Masing-masing orang memiliki minat dan selera yang berbeda dalam pemilihan corak pada helmet. Oleh karena itu, kami mencoba memberikan sebuah gagasan kreatif pemasaran untuk penjualan helmet secara online dengan maksud memudahkan pelanggan untuk membeli helmet atau memberikan sebagai hadiah dengan mudah melalui internet.

Pelanggan dapat memesan dan kami akan mengantarkan barang ke pemesan atau langsung ke orang yang akan diberi hadiah oleh pemesan. Sedangkan untuk corak dan model dari helmet yang dipesan akan disesuaikan dengan desain yang diinginkan oleh pelanggan.

 

1.2 Visi dan Misi

Dalam usaha ini, kami memiliki visi dan misi sebagai berikut,

Visi :

·         Kepuaasan dan kenyamanan bagi para pelanggan.

Misi :

·         Memberikan kenyamanan dan kemudahan  untuk membeli dan merancang sebuah helmet yang menarik sesuai dengan keinginan pelanggan.

·         Memberikan wadah bagi ide-ide kreatif pelanggan untuk mendesain dan meng-custom sebuah helmet yang menarik.

1.3 Tujuan Usaha

 

Memberikan kemudahan dalam pembelian dan pemakaian helmet untuk para konsumen, dimana bentuk helmet dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Konsumen juga dapat membuat sendiri bentuk dan corak seperti apa saja yang diinginkan. Hadiah langsung kami antar ke tempat pemesan atau ke tempat orang yang akan diberi hadiah oleh pemesan.

 

1.4 Kunci keberhasilan Usaha

 

a)      Transaksi untuk pemesanan hadiah sangatlah mudah, kami menyediakan layanan melalui website interaktif, yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja, serta dapat datang langsung ke kantor kami.

b)      Barang yang dipesan oleh pemesan, akan segera di antar ke alamat yang diisikan di form pemesanan( Delivery Order ) dalam waktu 2 x 24 jam ( Khusus Wilayah JaBoDeTaBek ) dan untuk luar JaBoDeTaBek waktu pengantaran maksimal 5 hari tergantung jenis paket apa yang dipilih oleh konsumen.

c)      Untuk pembayaran, pemesan dapat membayar melalui ATM ataupun E-banking (Via SMS).

 

II.            GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Kepemilikan Usaha         

            Kepemilikan dalam usaha ini ialah pembentuk usaha ini sendiri, sekaligus sebagai pengerak dan juga sebagai pengelola. Sedangkan, untuk pengadaan modal usaha didapatkan dari pihak luar, yang nantinya akan disebut sebagai investor.

2.2 Gambaran Awal Usaha

 

Unique merupakan sebuah usaha penyedia jasa pembuatan dan pemesanan helmet dan mengantarkan helmet tersebut ke tempat tujuan. Nama Unicorn merupakan gabungan beberapa kata dalam Bahasa Inggris yaitu Unique; menggambarkan bahwa barang yang kami buat merupakan barang ekslusif yang hanya di desain untuk satu orang, selain itu  juga memiliki Standar Nasional Indonesia sehingga aman digunakan berkendara dan tidak hanya menjadi hiasan di rumah. Karena di desain untuk satu orang maka helm akan terlihat keren karena hanya ada satu-satunya dengan model dan kecocokan yang sama dengan penggunanya. Nama ini menggambarkan usaha kami unik. Memberikan kepercayaan dan kebebasan kepada konsumen adalah kunci keberhasilan kami.

Tujuan dari usaha kami, khususnya, memberikan kemudahan bagi para pemesan.  Kami menyediakan layanan website interaktif dan di web kami pemesan  dapat memilih barang yang sudah di desain sebelumnya atau pun mengajukan pesanan pribadi sesuai doesain yang diinginkan. Pada website kami, tersedia katalog dari helmet yang sudah di desain secara universal dengan ukuran yang relative sama S, M, L. Salah satu desain helmet unggulan kami adalah helmet dengan model kepala Doraemon yang cocok di pakai berkendara atau pun dijadikan koleksi.

 

Secara umum tata cara pemesanan adalah sebagai berikut:

·         Pemesan harus terlebih dahulu melakukan sign-up member.

·         Untuk memesan helmet, member harus melakukan login.

·         Pada menu account member akan tersedia menu Home, Katalog, Member Profile, dan Form Pemesanan.

·         Untuk memesan hadiah, pemesan dapat memilih menu Form Pemesanan.

·         Pada halaman Form ini akan ada 4 tahap:

 

1)      Tahap pertama, pemesan akan disediakan form data diri, dimana akan diminta nama lengkap, alamat tujuan pengiriman, dan maksud dari pengiriman hadiah (pesan dari hadiah). Jika pemesan ingin hadiah tersebut dikirimkan ke rumah pemesan, maka pemesan tidak perlu mengisi form diatas dan memilih pilihan “own address”, dan alamat pengiriman akan disesuaikan dengan data pemesan saat mendaftar menjadi member.

2)      Tahap kedua, pemesan akan diminta mengisi form ukuran helmet yang dipesan. Ingin dipesan dengan ukuran universal S, M, dan L, atau dengan ukuran detail seperti lingkar kepala dan lebar wajah yang diukur dari pinggir daun telinga kanan ke kiri.

3)      Tahap ketiga, pemesan akan diminta memilih desain barang. Apakah yang sudah tersedia di took kami atau akan mendesain sendiri. Dengan teknologi flash, memungkinkan konsumen mendesain sendiri helmet yang diinginkan. Jika konsumen kurang pandang mendesain maka cukup mencheck list form “desain by order with” Di sini konsumen cukup mengirimkan gambar desain dari foto atau mnejelaskan kepada admin kami yang online secara langsung. Misalnya, ingin helmet dengan desain Hello Kitty, dengan kuping pada kedua sisi kepalanya.

4)      Tahap keempat adalah resume dari tahap-tahap sebelumnya yang akan menampilkan form pemesanan, ukuran helmet, desain dan rincian harga yang harus dibayar. Jika semua sudah benar dan setuju, pemesan dapat memililih tombol “Confirm. Jika tidak jadi memesan, pemesan dapat memilih tombol “Cancel” dan halaman website akan kembali ke halaman Form Pemesanan tahap pertama.

2.3 Fasilitas dan Lokasi

 

            Kami adalah jasa penjualan online dan offline, maka kami memiliki tempat khusus sebagai took sekaligus pabrik dan juga website, yang dapat dengan mudah diakses dimana saja, dan kapan saja. Untuk pengiriman setiap barang yang sudah dipesan, kami menggunakan jasa layanan pengiriman kilat yang dapat mengantarkan barang dengan waktu maksimal 5 hari pengiriman.

Selain itu, dalam memberikan pelayanan, kami juga memberikan kemudahan bagi para pelanggan. Kami menyediakan jasa pelayanan melalui ATM (yang sudah menjalin kerja sama dengan kami). Apabila ada pelanggan yang kurang puas akan pelayanan kami, disediakan pula layanan customer service, dimana pelanggan dapat memberikan atau menyampaikan keluhan, serta masukan untuk kami agar kami dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kami.

 

III.          PRODUK

3.1 Gambaran Produk

            Produk yang kami jual merupakan helmet dengan desain yang unik sesuai dengan keinginan konsumen. Meski begitu kami juga menyediakan helmet yang sudah kami desain sendiri dengan ukuran universal S, M, dan L. Helmet kami juga memenuhi standar nasional Indonesia (SNI) sehingga dapat digunakan untuk berkendara. Tidak hanya itu, helmet produksi kami pun dapat dijadikan koleksi bagi kolektor helmet atai benda-benda unik.

            Target pasar kami mencakup semua golongan masyarakat. Namun, kami berfokus kepada kolektor benda-benda unik dan pecinta otomotif, karena helmet buatan kami tidak hanya diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor. Dan pula, helmet buatan kami rata-rata di desain sesuai keinginan pelanggan, kebanyakan yang telah di desain dan siap dijual adalah helmet yang diperuntukkan untuk anak-anak.

 

3.2 Gambaran Persaingan

            Arus persaingan pasar, pada saat ini , khususnya  pasar kaula muda, sangatlah besar. Banyak perusahaan sedang berlomba – lomba untuk memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik.  Namun, kami mencoba menangkap dari sebuah persaingan tersebut, dengan mencoba membuat peluang bisnis baru. Kami mencoba memberikan pelayanan yang berkualitas professional dan kepercayaan pada konsumen kami.

 

3.3 Gambaran Penjualan

           

Bisnis usaha yang kami buat sarat dengan unsur teknologi, khususnya di bidang ICT. Dalam penjualan jasa produk, kami memanfaatkan teknologi yang ada pada zaman ini.  Salah satunya adalah dengan menggunakan website, yang kami buat interaktif dan easy to access. Konsumen dapat memilih barang hadiah, bahan-bahan pengemasan, serta hiasan untuk pengemasan hadiah. Pelanggan dapat melakukan transaksi langsung melalui website yang sudah disediakan.

Selain itu, untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kami menyediakan pelayanan via ATM, E-Banking, dan Cash On Delivery(hanya untuk pengiriman ke rumah pemesan).

 

3.4 Rencana Pencapaian

           

Di era teknologi dan media informasi yang semakin berkembang pesat pada saat ini, kami menyadari betapa perlunya jasa pelayanan yang cepat tanpa harus membuat pelanggan datang ketempat kami. Disini, kami memberikan solusi bagi konsumen yang tidak mau repot untuk keluar rumah. Maka dari pada itu kami menyediakan layanan jasa online. Konsumen dapat mengakses layanan website kami, kapan saja dan dimana saja. Dan kami siap untuk mengantarkan pesanan langsung kerumah atau ke alamat tujuan yang di ajukan konsumen.  Dan harapan kami pada bisnis ini adalah memudahkan untuk memesan barang dengan cepat dan dapat mewujudkan ide kreatif konsumen khususnya dalam memberikan hadiah.

 

3.5 Teknologi

           

Dalam perkembangan jaman sekarang, yang berbasis teknologi ICT. Kami sudah menyediakan website interaktif , yang bertujuan untuk mempermudah pembelian produk – produk kami. Kami juga menyediakan layanan pembayaran memalui ATM yang dapat juga dilakukan dengan e-banking.


3.6 Masa Depan Produk

 

            Pelayanan penjualan jasa jual dan desain helmet ini, diharapkan dapat memiliki masa depan yang cerah. Dengan perkembangan zaman yang sudah semakin maju begitu juga ide-ide kreatif yang selalu muncul, usaha kami dapat menjadi sebuah pasar industri kreatif yang dapat mengembangkan dan meningkatkan gairah  pasar di Indonesia.

 

IV.         RINGKASAN ANALISIS PASAR

4.1 Segmentasi Pasar

 

Kami membagi klasifikasi konsumen berdasarkan segmentasi-segmentasi agar dapat menargetkan konsumen dengan tepat dan efektif.

 

*      Segmentasi geografis

o   Produk yang kami tawarkan akan dapat diimplementasikan di hampir semua lokasi di seluruh dunia yang memiliki jaringan internet. Tetapi kami memfokuskan usaha kami, hanya untuk wilayah JaBoDeTaBek.

*      Segmentasi menurut demografi

o   Kami melakukan segmentasi pasar kepada kalangan dewasa, dengan penghasilan rata-rata 5 juta per-bulan. Kami tetap memfokuskan pasar pada orang-orang baik laki-laki maupun perempuan di daerah JaBoDeTaBek. Alasan kami, karena usaha kami adalah usaha yang unik dan terbuka kesempatan bagi siapa saja untuk menggunakannya. Kami tidak menutup kemungkinan bagi pemakai helmet di jalan raya, namun mengingat desain eksklusif kami membuka segmentasi bagi kolektor benda unik yang bersedia merogoh kocek besar untuk helmet.

*      Segmentasi psikografi

o   Kaum dewasa khususnya yang senang mencoba sesuatu yang baru dan memiliki ide kreatif. Selain itu konsumen potensial kami adalah kolektor benda unik dan pecinta otomotif.

 

4.2 Strategi STP(Segmentation, Targeting, Positioning)

           

Setelah mengetahui segmentasi-segmentasi pasar, kami mengevaluasi segmentasi tersebut dan menentukan target market dengan pertimbangan sebagai berikut :

1.      Selective specialization

Kami memilih untuk menggunakan segmentasi pasar berdasarkan segmentasi psikografi dengan alasan untuk memudahkan dalam menjalankan proses bisnis dan melakukan kontrol terhadap sistem yang diterapkan.

2.      Product specialization

Kami mengembangkan sebuat website yang menyerupai e-commerse sehingga dapat menggantikan fungsi toko secara real.  Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM-ATM dan secara e-banking.

3.      Market specialization

Kami merupakan sebuah sistem yang memproduksi helmet serta memberikan jasa desain helmet secara unik yang juga dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Biaya akan disesuai dengan barang-barang yang dipilih oleh konsumen. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerugian diantara kedua belah pihak (pembeli maupun penjual).

            Setelah melakukan targeting, kami melakukan positioning. Kami menggunakan analisis berdasarkan teori SWOT untuk menganalisis keadaan dan membuat strategi-strategi yang dapat meningkatkan posisi produk kami.

 

v  Strength : Belum memiliki saingan, memiliki konsep bisnis yang fleksibel dimana produk kami dapat dipesan dan dibuat desainnya melalui website, serta pembayaran yang dapat dilakukan melalui ATM. Konsumen dapat secara langsung mengimplementasikan ide kreatifnya ke dalam pembuatan hadiah ini.

v  Weakness : Adanya keterbatasan bandwith, sehingga bila suatu saat user membuka website kamu secara bersamaan, akan mengalami delay dalam mengaksesnya. Konsumen tetap harus datang kelokasi penjualan kami, jika ingin menyampaikan inspirasi atau ide kreatifnya untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman.

v  Opportunities : Banyaknya peminat benda-benda unik di JaBoDeTaBek dan juga pecinta otomotif.

v  Threats : Konsumen cenderung menginginkan barang yang unik sehingga kami harus menyediakan inovasi desain baru terus menerus.

 

4.3. Ringkasan Analisis Usaha

            Ringkasan analisis usaha bisnis kami ini akan dijelaskan dalam beberapa bagian.

4.3.1 Rekanan Usaha

Kami akan bekerja sama dengan pihak supplier helmet standar SNI.

4.3.2 Distribusi

Proses distribusi bisnis kami yaitu on demand untuk helmet akan dibuat dan di desain, sesuai pesanan konsumen. Dan akan langsung diantar ke tempat tujuan pembeli.

4.3.3 Persaingan

Persaingan dalam bisnis kami ini cukup ketat. Namun persaingan ini tidak mampu untuk mematikan bisnis kami, karena bisnis kami ini memiliki konsep E-commerce.

4.3.4 Pesaing Utama

Sejauh ini kami belum memiliki pesaing utama.

 

 

V.           RINGKASAN STRATEGI DAN IMPLEMENTASI

5.1 Strategi Produk

            Helmet dengan desain eksklusif yang hanya dimiliki oleh beberapa bahkan satu orang dengan tingkat kemiripan hamper tidak ada karena ukuran yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Produk kami merupakan sebuah perwujudan ide-ide kreatif dari pemiliknya.

 

5.2 Strategi Harga

            Untuk harga-harga hadiah kami terbilang sangat mahal dibandingkan harga helmet biasa, karena konsumen memerlukan internet dan dikenakan biaya pengiriman. Tetapi harga produk kami cukup fleksibel, dalam arti harga produk kami sesuai dengan barang-barang yang dipilih oleh konsumen.

 

5.3 Strategi Distribusi

            Untuk distribusi helmet yang kami sediakan, kami bekerja sama dengan jasa pengiriman berkredibilitas tinggi.

 

5.3 Strategi Pemasaran

            Usaha ini masih tergolong baru, untuk itu strategi pemasaran dari usaha ini adalah melalui Kaskus dan forum-forum diskusi tentang otomotif dan blog. Serta situs jejaring seperti facebook.

 

VI.         RINGKASAN MANAGEMENT

6.1 Struktur Organisasi

            Sebagai sebuah usaha yang baru berkembang, kami membutuhkan sebuah struktur organisasi yang dapat menunjang dalam pengembangan perusahaan. Maka dari itu struktur organisasi yang dibuat, bukanlah sebuah usaha yang mudah kami lakukan. Segenap usaha dan daya kami lakukan untuk membuat struktur organisasi, dengan harapan struktur organisasi ini bisa menjadi salah satu langkah awal yang bisa kami lakukan untuk membuat fondasi yang baik dalam usaha kami, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut merupakan struktur organisasi dalam usaha kami:

Perusahaan dipimpin oleh seorang Direktur, yang mengepalai dan mengelola seluruh perusahaan. Dibawah direktur, ada wakil direktur, yang bertugas untuk membantu direktur dalam mengelola perusahaan. Wakil direktur, mengepalai beberapa manager bagian (seperti bagian keuangan, human resource, dan sebagainya). Manager bagian tersebut mengepalai beberapa divisi-divisi bagian.

6.2 Tim Management

Manajemen diatur oleh manager bagian dalam bidang promosi dan pemasaran. Manager tersebut bertugas mengatur proses pemasaran dan promosi produk kepada masyarakat luas. Adapun proses yang dilakukan adalah dengan melakukan promosi baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Promosi secara tidak langsung dilakukan dengan cara promosi melalui pemasangan iklan pada website-website ternama seperti contohnya google search, pemasangan iklan melalui media massa eletronik serta penjualan lewat e-commerce dan promosi online lainnya.

 

6.3 Perencanaan SDM

                SDM atau sumber daya manusia, kami pandang sebagai salah satu investasi besar yang bisa mendukung keberhasilan usaha kami ke depan. Walaupun pada dasarnya usaha ini berbasiskan multimedia atau teknologi, namun kami yakin pada dasarnya penggunaan tenaga manusia yang terampil dalam hal ini harus dipandang sebagai sesuatu yang penting. Maka dari itu, dalam usaha mendapatkan dan mempertahankan SDM yang berkualitas, kami bermaksud mengadakan sejumlah training khusus bagi SDM kami. Dalam training ini tidak hanya akan mengajarkan tentang skill yang mereka miliki namun juga tanggung jawab dan juga etika yang harus mereka emban. Pelaksanaan training ini dilakukan secara berkala, dimulai dari saat sebelum mereka masuk bekerja sebagai SDM kami setiap 6 bulan sekali.

 

 

 

 

 

VII.        Perencanaan Keuangan

7.1 Investasi awal

-      Pengeluaran

No

Uraian Kegiatan

keterangan

Jumlah Biaya

1

Modem

3 (new)

6.000.000

2

Adobe Photoshop CS 3

1 (new)

2.500.000

3

Adobe In Design Premium

1 (new)

2.000.000

4

Sewa Ruko

lokasi di Sentul City

Sistem: kontrak

12.000.000

                                                       Total

22.500.000

 

-      Biaya Operasional per Bulan

No

Uraian Kegiatan

Keterangan

Jumlah (Rp)

1

Biaya Modem

 

1.500.000

2

Biaya Pemasaran

 

500.000

3

Listrik

 

500.000

4

Biaya lain-lain

 

500.000

5

Material

 

10.000.000

Total

13.000.000

 

Total Investasi yang diperlukan          : Rp 35.500.000

                       

 

7.2 Pendapatan

Target pendapatan satu tahun                        

Helmet Ready Stock

                75  x 2.500.000                                             : Rp 187.500.000       

Helmet Order                       

75 x 3.000.000                                              : Rp  225.000.000

Total Pendapatan                                              Rp412.500.000
Biaya operasional 1 tahun

        (12 x Rp 13.000.000)                                                : Rp 156.000.000

 

Keuntungan tiap tahun                                               : Rp 412.500.000

                          Rp 156.000.000

                                    Laba bersih 1 tahun                                                        Rp 256.500.000

                                   

           

a.      B/C Ratio

B/C                        = Hasil Pendapatan

                                                                              Total Biaya

                                                                        = Rp 256.500.000

                                                                           Rp 156.000.000

                                                                        = 1.64

                                    Karena B/C > 1 maka usaha ini layak untuk dijalankan,

artinya tiap satuan biaya yang dikeluarkan diperoleh hasil pendapatan sebesar 1.64 kali lipat

 

b.      ROI (Return On Investment)

ROI           = Keuntungan x 100%

                     Total Biaya

                        = Rp 256.500.000 x 100%

                           Rp 156.000.000

                        = 164.4%

Artinya, usaha ini sangat layak untuk dikembangkan karena memperoleh keuntungan menjadi 164.4%.

 

No comments:

Post a Comment