Tuesday, October 13, 2009

Proposal Pemasaran

Latar Belakang
Upaya pengembangan masyarakat Indonesia yang merata, adil dan makmur tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata. Secara proporsional tugas ini diemban pula oleh seluruh komponen bangsa lainnya, termasuk di dalamnya masyarakat yang bersangkutan itu sendiri, maupun oleh lapisan masyarakat lain yang secara sosial ekonomi berkemampuan relatif lebih baik. Seluruh komponen ini mempunyai kepentingan untuk secara aktif bersinergi dalam upaya perbaikan taraf kesejahteraan masyarakat.
Adapun mahasiswa sebagai generasi penerus sekaligus elemen intelektual dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, peran serta mahasiswa dalam masyarakat tidaklah dibatasi pada kewajiban akademis dan lingkungan kampus saja, melainkan juga vital pada berbagai fungsi lain di lapangan. Mahasiswa dituntut untuk secara kritis mampu terlibat lebih aktif dalam upaya pembangunan nasional, melalui proses belajar dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan kerja nyata di lingkungan. Dan pengabdian mahasiswa di bidang pembangunan masyarakat ini dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan bakti. Salah satu langkah yang dapat diambil mahasiswa, adalah melalui kegiatan-kegiatan penyuluhan kesehatan dan kemanusiaan. Dengan salah satu bentuknya adalah kegiatan Bakti Sosial Bencana Alam Gempa Padang September 2009.
Diharapkan melalui kegiatan baksi sosial yang terorganisir ini akan mampu meringaankan beban masyarakat yang sedang menderita musibah agak dapat memperbaiki taraf hidupnya. Pecinta alam Universitas Multimedia Nusantara, Ultimapala akan mengalang kerjasama dengan UKM pecinta Alam dari berbagai Universitas di Jakarta untuk dapat ukut melakukan bakti sosial bersama.


Tujuan
Event yang dilaksanakan ini bersifat sosial guna meringankan beban warga yang terkena musibah gempa. Dengan melakukan event ini kami merangkul para pecinta alam, khusunya pemuda dan mahasiswa untuk ikut andil meringkan beban mereka.
Kegiatan yang dilakukan sepenuhnya merupakan bentuk dolidaritas yang akan didukung oleh sarana dan prasarana dari event ini. Sumbangsih kami dalam hal ini berupa membangkitkan kembali jiwa sosial dan perbaikan alam yang kini semakun terpuruk.
Masyarakat yang kini masih dalam kondisi trauma tidak hanya membutuhkan dorongan moral namun bantuan dalam bentuk materi. Untuk itu kehadiran para sukarelawan yang akan datang kesana akan sangat meringankan beban mereka.

Targeting
1. Masyarakat
a. Ibu-ibu
b. Bapak-bapak
c. Remaja
d. Anak-anak

2. Komunitas Mahasiswa Pecinta Alam di Jakarta
- Universitas Multimedia Nusantara
- Universitas Indonesia
- Universitas Taruma negara
- Universitas Trisakti
- Universitas Pancasila
- Universitas Nasional
- Universitas Pelita Harapan
- Univerisitas Mercubuana

3. Komunitas Pecinta Alam di Jakarta
4. Media Massa

Sponsorship
• Sponsor Tunggal
• Aqua
Sebagai organisasi yang juga berhubungan langsung dnegan Unicef, Aqua yang kini telah bergabung bersama Danone memiliki kesempatan besar untuk kemabli memeberikan sumbangsihnya. Melalui gerakan 1 litaer untuk 10 liter tentu juga dapat membantu masyarakat Padang yang tertimpa bencana.

• Donatur
Sumber dana yang tidak mengharapakan benefit ataupun keuntungan dari event ini. Donatur dapat berasal dari sukarelawan maupun orang umum yang ingin memeberikan konstribusinya.

Media Iklan
Dalam event ini sarana komunikasi yang dipakai untuk mengantarkan dan menyebar luaskan pesan – pesan iklan ada dua kategori yaitu media iklan cetak dan media iklan elektronik. Media cetak adalah media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan; bahan baku dasarnya maupun sarana penyampaian pesannya menggunakan kertas). Media cetak adalah suatu dokumen atas segala hal tentang rekaman peristiwa yang diubah dalam kata-kata, gambar foto dan sebagainya ( contoh : surat kabar, majalah, tabloid, brosur, pamflet, poster. Sedangkan media elektronik adalah media yang proses bekerjanya berdasar pada prinsip elektronik dan eletromagnetis (contoh televisi, radio, internet). Diantara dikotomi media tersebut ada satu media yang tidak termasuk dalam kategori keduanya yaitu media luar ruang (papan iklan atau billboard)
Jika dilihat dari pekerjaan kreatifnya maka media iklan terbagi dua jenis yaitu :
- Media lini atas (above the line) ; media utama yang digunakan dalam kegiatan periklanan, contoh ; televisi, radio, majalah, surat kabar.
Dalam kategori ini event yang bersifat sosial ini tentu akan mengeluarkan banyak biaya yang besar. Oleh karena itu beriklan melalui media ini akan diminimalisir atau digunakan sesuai dengan budget yang tersedia.
- Media lini bawah (below the line) ; media pendukung dalam kegiatan periklanan, contoh : pamflet, brosur dan poster. Pemasaran event ini akan melalui advertorial dan juga press release yang akan dikirimkan kepada media cetak seperti (Koran) Kompas, Media Indonesia, Republika, Warta Kota, dan (Majalah) Hai, Kawanku, Gadis.

Nilai Jual Event
Event ini nantinya diharapkan mempu menarik minat media, pasalnya sekarang ini sedikit sekali event yang merangkul pata pemuda untuk melakukan baksi sosial. Hal ini juga terlihat dari besarnya minat dari masing-masing komunitas untuk turut bergabung dalam kegiatan sosial ini. Event ini juga telah mendapat dukungan dari organisasi pemerintahan setempat guna memperlancar kegiatan yang kiranya dilaksanakan selama kurang lebih satu minggu.
Selain melakukan bakti sosial, event ini diharapkan akan meringankan dan menaikkan semangat para masyarakat dan menumbuhkan rasa empati yang besar bagi masyarakat yang tidak turut datang ke Padang namun turut memberikan sumbangsihnya melalui dukungan materi.

Unsur 3E dalam Pemasaran Event
1. Entertainment
Event ini dipastikan akan memberikan hiburan bagi masyarakat padang selaku subjek yang akan dibantu, namun bagi para sukarelawan dan juga donatur tentu saja kana ada hiburan tersendiri. Hiburan itu berupa kepuasan batin karena telah meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang kesusahan.
Komunitas mahasiswa dan juga sukarelawan juga akan membantu aak-anak yang saat ini belum dapat melanjutkan pendidikan dengan mengadakan sekolah darurat. Komunitas ini nantinya akan dibagi menjadi riga bagian kelompok. Kelompok pertama bertugas bersama masyarakat mengadakan bakti sosial berupa pembersihan lingkungan dan penyuluhan kesehatan. Kelompok dua membantu anak-anak dan kelompok kita bertugas bersama alam.

2. Excitement
Kegiatan ini sudah barang tentu berkesan bagi setiap orang yang bergabung dalam kegiatan ini. Bagi komunitas ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, begitu juga bagi masyarakat. Salah satu usahanya adalah, para komunitas akan menanam pohon di Padang sebagai tanda pernah melakukan bakti sosial disana.

3. Enterprise
Dengan merangkul komunitas mahasiswa pecinta alam, panitia telah bertindak berani mengambil risiko. Event ini akan menjadi event besar bagi mahasiswa dan sukarelawan yang bergabung didalamnya.

Kepanitiaan
1. Panitia Pusat
Pelindung :
Penanggung Jawab :
Ketua Pelaksana :
Sekretaris :
Bendahara :
Seksi Acara :
Seksi Humas :
Seksi Logistik :
Seksi Konsumsi :
Seksi Dekorasi & Dokumentasi :
Koordinator Transportasi :
Pelaksana Teknis :

2. Panitia Lokal
Pelindung :
Penanggung Jawab :
Ketua Pelaksana :
Sekretaris :
Bendahara :

Seksi Acara :
Seksi Humas :
Seksi Logistik :
Seksi Konsumsi :
Seksi Dekorasi & Dokumentasi :
Koordinator Transportasi :
Pelaksana Teknis :


Estimasi Budget
xxx

8P dalam Pemasaran Event
1. Product
Event bakti sosial ini menghasilkan kegiatan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan memberikan bantuan secara moril ataupun moril kepada masyarakat diharapkan dapat bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka nantinya.
Dengan menyediakan sarana air bersih serta memberikan penyulihan bagaimana merawat kesehatan dalam situasi darurat seperti sekarang diharapkan masyarakat nantinya akan menjadi lebih sadar akan kesehatan dan tidak putus asa. Kami juga akan membangun sekolah darurat untuk tempat sementara anak- menimba ilmu sementara sekolahny dibangun kembali dengan menggunakan tenda. Dengan menumbuhkan semangat pada anak-anak, akan membuat mereka melupakn trauma mereka terhadap gempa.
2. Price
Event ini bersifat non profit sehingga bantuan dan partisipasi dari masyarakat yang tidak tertimpa bencana serta donatur sangatlah diharapkan. Untuk mengirim para komunitas ke Padang, juga telah bekerja sama dengan instansi pemerintah untuk membantu dengan kapal.
3. Place
Lokasi bakti sosial akan difokuskan di Padang. Di lokasi yang dekat dengan public service sehingga para sukarelawan juga tidak akan kesulitasn untuk menjalin komunikasi ke luar Padang.
4. Promotion
Promosi melalui media cetak, press release, press conference serta kominitas mahasiswa itu sendiri.
5. Public Relations
Advertorial dan press release.
6. Permission
Ijin akan bekerja sama dnegan instansi pemerintah.
7. Power
8. Policy

Launching Event
Event ini merupakan event sosial yang akan di Launching dengan mengadakan press conference dan menguncak media cetak maupun elektronik. Perwakilan dari komunitas dan sukarelawan pun akan turut hadir dalam launching ini. Launching akan diadakan satu minggu sebelum keberangkatan tim sukarelawan ke Padang. Lalau akan diadakan press confrence barikutnya ketika tim akan berangkat dan tiba di Padang.

No comments:

Post a Comment